seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Menyusun VACCP yang Tepat dan Efektif

Proses penyusunan VACCP (Vulnerability Analysis Critical Control Point) adalah salah satu dari persyaratan yang ditetapkan pada standar sertifikasi BRCGS (British Retail Consortium Global Standard) dan FSSC (Food Safety System Certification). Latar belakang yang mendasari mengapa VACCP dijalankan di dalam perusahaan sangat mendukung keamanan pangan.

Untuk dapat memiliki VACCP yang tepat, perusahaan sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut.

(1) Menetapkan Tim VACCP

Penetapan tim diperlukan, mengingat bahwa manual VACCP bukanlah pekerjaan dari satu orang personel saja. Namun juga menjadi analisis yang lengkap dari seluruh proses yang ada dalam perusahaan. Proses risk assessment yang dijalankan untuk melakukan analisis terkait dengan fraud dan potensi subtitusi dapat teridentifikasi dari setiap kegiatan proses yang dijalankan dalam perusahaan.

(2) Melakukan penetapan atas resiko

Penetapan atas resiko diidentifikasi dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk di dalam issue yang terkait dengan potensi yang muncul dari bahan baku ataupun supplier. Penetapan atas resiko ini dilihat dengan adanya informasi seperti kemunculan kasus yang terkait dengan subtitusi atau penipuan terkait dengan bahan baku dan material yang ada. Setiap resiko dilakukan analisis tidak hanyak terkait dengan faktor eksternal (supplier) , tetapi juga pada proses yang ada dalam perusahaan. Terdapat beberapa tahapan proses yang berpotensi menimbulkan mekanisme fraud yang ada dalam perusahaan.

(3) Menetapkan proses pengendalian proses dan resiko

Sama seperti pengendalian resiko lainnya, penetapan atas SOP (Standard Operating Procedure) yang terkait dengan penanganan resiko harus dipastikan mampu untuk meminimalkan kemungkinan resiko yang dimaksud. Analisis due dilligence patut menjadi salah satu contoh bagaimana perusahaan menjalankan penanganan resiko yang muncul terkait dengan fraud dan sabotase yang dimaksud.

Bagaimana perusahaan Anda dapat mengendalikan resiko atas fraud dan subtitusi ? Lakukan setiap tahapan dengan cermat dan apabila diperlukan, perusahaan dapat mempergunakan referensi eksternal yang tepat dalam proses pengendalian resiko yang dimaksud. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Mei 28, 2023 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar