seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Mendesain Pabrik Perikanan yang Sesuai dengan GMP

Dalam menjalankan Sistem Manajemen Keamanan Pangan, salah satu persyaratan yang harus diperhatikan perusahaan adalah bagaimana memastikan GMP (Good Manufacturing Practice) dijalankan dalam perusahaan dengan baik. Lay out dan bentuk bangunan yang tepat adalah salah satu control measure yang efektif sebagai proses pengendalian resiko.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu untuk dipertimbangkan dalam mendesain pabrik perikanan yang sesuai dengan GMP.

(1) Mengenali Resiko Tahapan Produk

Dalam keamanan pangan, dikenali area dengan resiko tinggi dan resiko rendah. Penetapan resiko ini terkait dengan tingkatan jumlah bahaya yang teridentifikasi berdampak ke produk yang diharapkan dapat dikendalikan dalam area dengan tingkat resiko tinggi. Sedangkan tingkat resiko rendah, adalah faktor dampak dari resiko tersebut kepada produk akhir.

(2) Mengenali Alir Proses

Penetapan alir proses harus dapat dijelaskan agar tidak terdapat kontaminasi silang pada produk pangan. Memastikan tidak terdapat alir balik dalam proses pengolahan produk yang dapat beresiko terhadap kontaminasi.

(3) Memahami Karakteristik Produk

Identifikasi atas jenis produk termasuk tata cara penanganannya adalah sangat penting. Termasuk bagaimana alir proses pengemasan. Adanya sistem produksi berbasis kontinyu dan tidak kontinyu bisa memberikan perbedaan yang signifikan.

Bagaimana perusahaan Anda menjalankan proses penanganan atas lay out produksi yang sesuai dengan GMP? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk dapat mendesain pabrik Anda sesuai dngan persyaratan GMP. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

September 4, 2019 - Posted by | BRC, ISO 22000, konsultan bap, konsultan industri perikanan, konsultan lay out GMP, Manual GMP, Manual HACCP, Pengolahan Produk, Uncategorized | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar