seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Penyusunan Business Plan dalam Industri Perikanan

Banyak perusahaan yang melupakan pentingnya business plan dalam pengelolaan industri, khususnya dalam industri perikanan.  Selain menjadi panduan arahan strategis, business plan dapat menjadi pijakan penting dalam pengelolaan biaya dalam internal perusahaan.  Untuk menjadi bisnis perikanan sustainable (berkelanjutan) adalah penting bagi perusahaan untuk memiliki industri yang mampu mengakomodasi seluruh estimasi yang muncul dalam perjalanan bisnis perusahaan.

Untuk menyusun business plan secara tepat, berikut adalah tahapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan.

(1) Menyusun Kerangka Keuangan dengan Tepat

Lakukan seluruh analisis atas potensi biaya yang akan muncul.  Proses penetapan biaya ini dapat berdasarkan pada data sebelumnya, atau muncul berdasarkan pada analisis peramalan penjualan. Dimana proses untuk meningkatkan penjualan tersebut disusun berdasarkan pada potensi biaya yang ada tersebut.

(2) Analisis peramalan Penjualan

Ada baiknya, perusahaan menjalankan proses riset ataupun analisis atas target penjualan yang akan dicapai. Bagaimana pasar akan merespon produk yang akan dijual oleh perusahaan.  Dalam analisis penjualan tersebut, dilakukan proses evaluasi terkait dengan kebutuhan pengembangan yang berhubungan dengan produk yang dikembangkan tersebut.

(3) Menyusun Target dan Arahan Perusahaan

Dalam business plan, industri menetapkan target/ pencapaian apa saja yang ingin dicapai dalam perusahaan. Untuk mencapai target tersebut, manajemen harus menyusun arahan yang tepat yang dapat menjadi panduan perusahaan.  Termasuk di dalamnya sistem dan kebijakan yang akan terbentuk.

Bagaimana proses penyusunan Business Plan di perusahaan Anda saat ini? Lakukan proses pencarian referensi yang tepat untuk dapat mengoptimalkan arahan bisnis Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Oktober 28, 2017 - Posted by | BRC, ISO 22000, konsultan bap, konsultan industri perikanan, konsultan perikanan, Uncategorized | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar