seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Strategi Efisiensi yang Efektif dalam Industri Perikanan

Industri perikanan merupakan jenis industri yang memiliki tingkat resiko pengelolaan yang tinggi.  Ketidakkonsistenan atas bahan baku, serta karakter dari bahan baku yang perishable, serta proses yang didominasi dengan kegiatan manual.  Seluruh faktor tersebut menjadi bagian yang sulit untuk terkelola konsep efisiensinya.

Lalu bagaimana perusahaan mendesain efisiensi dalam perusahaannya? Berikut adalah tahapan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dalam sistem yang ada dalam perusahaan.

(1) Mengelola Konsep Manajemen Pemasok yang Tepat

Memastikan bahwa pasokan dari suplier terkendali dan secara konsisten berjalan.  Ketika berhubungan dengan alam, perusahaan mengalami banyak tantangan terkait bagaimana perusahaan mendesain sistem yang efektif untuk menjaga mutualisme antara pemasok dengan perusahaan.

(2) Mendesain Proses yang Efisien dan Berkualitas

Produk perikanan adalah produk pangan yang memiliki keunikan atas kualitas serta keragaman ukuran. Melihat dari kondisi bahan baku tersebut, adalah penting bagi perusahaan untuk dapat mengelola proses yang tepat, minim reject dan meningkatkan nilai optimalisasi produk. Bagaimana perusahaan harus dapat dipastikan terproses melalui konsep supervisory leadership yang kuat.  Produk perikanan harus dapat memastikan melalui proses pengarahan  yang tepat dan terstruktur.

(3) Pengembangan Produk Baru

Proses pengembangan produk menjadi solusi dan alternatif yang tepat untuk dapat secara terus menerus meminimalkan kerugian akibat resiko penyimpangan yang terkait dengan bahan baku dan proses.  Pengembangan produk baru harus secara total difokuskan kepada desain pengembangan yang inovatif dan memiliki harga jual yang tinggi.

Bagaimana perusahaan Anda menjalankan program yang tepat terkait dengan pengelolaan produk perikanan? Lakukan proses pencarian referensi eksternal untuk dapat memastikan pengembangan dari industri perikanan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Agustus 22, 2017 - Posted by | BRC, konsultan industri perikanan, konsultan perikanan, Pengolahan Produk, Training, Uncategorized | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar