seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Perlukah Industri Perikanan Menerapkan ISO 9001?

Banyak industri perikanan dalam aplikasi pengelolaanya lebih berorientasi kepada Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Namun melihat pada pengelolaan perikanan yang memiliki rsiko tinggi, sepertinya penerapan ISO 9001:2015 dapat menjadi solusi utama untuk diaplikasikan selain dengan penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan.

Lalu apa manfaat yang didapatkan oleh perusahaan ketika melakukan program sertifikasi ISO 9001:2015?

(1) Pengendalian Resiko

Sedikit berbeda dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan, pengendalian resiko menjadi elemen terpenting dalam pendekatan penyusunan sistem. Industri perikanan diminta untuk menyusun dan mendesain sistem berdasarkan pada tahapan standarisasi pengendalian resiko yang dijalankan oleh perusahaan. Bagaimana sistem terbentuk serta bagaimana proses pengelolaan resiko yang dijalankan termasuk di dalamnya resiko pengadaan bahan baku, supply chain management dan keuangan dapat dijadikan bagian terpenting dalam pengendalian sistem.

(2) Manajemen Pengendalian Mutu Berbasiskan Pelanggan

Keamanan pangan bisasanya lebih memperhatikan pada mutu keamanan pangan. Perusahaan tidak terasah untuk menerapkan strategi terkait dengan pemahaman pelanggan dalam menyentuh kebutuhannya. Bagaimana konsep fokus pelanggan menjadi bagian penting dalam mendefinisikan operasional manajemen yang dijalankan.

Lalu bagaimana dengan penerapan sistem yang dijalankan dalam perusahaan Anda saat ini? Pastikan perusahaan menggunakan referensi eksternal yang tepat dalam mengembangkan sistem yang dijalankan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Januari 11, 2017 - Posted by | BRC, ISO 22000, konsultan bap, konsultan fami-qs, konsultan industri perikanan, konsultan pakan, konsultan perikanan, Pengolahan Produk, Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: