seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Bagaimana Mendesain Supply Chain Management dalam Industri Perikanan?

Adalah suatu hal penting bagi perusahaan perikanan untuk dapat mendesain sistem Supply Chain Management yang tepat.  Desain Supply Chain Management yang efektif harus diperhitungkan secara tepat dalam Industri Perikanan. Bagaimana program keamanan pangan turut menyeratai aspek jalur rantai pasokan tersebut.

(1) Strategi Hulu

Adalah penting dalam industri perikanan dalam menjaga keberlangsungan pasokan bahan baku ke dalam industri. Berbicara atas pasokan bahan baku dalam industri perikanan adalah investasi yang tidak sedikit.  Dalam memastikan keberlangsungan tersebut aspek relasi harus dipertahankan agar tidak terjadi keterbatasan atau ketidakkonsistenan pasokan.

Ada baiknya perusahaan mengembangkan program pembinaan sebagai bentuk investasi tambahan kepada pemasok. Pembinaan tidak hanya dalam proses teknik penangkapan ataupun pengolahan, namun juga ada baiknya dalam bentuk penyediaan koperasi untuk dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan dari pemasok.

(2) Strategi Logistic

Salah satu masalah yang seringkali ditemukan dalam industri perikanan adalah potensi turunnya kualitas dari proses pengiriman barang/ bahan baku. Perusahaan harus memastikan waktu dari pengiriman barang dapat terkoordinasi dengan kebutuhan pabrik. Bagaimana penetapan lokasi penyimpanan-penyimpanan sementara harus dibentuk untuk dapat memastikan bahwa pengelolaan bahan baku dapat sesuai dengan prasyarat industri perikanan.

(3) Strategi warehousing/ penyimpanan

Perusahaan harus dapat memastikan bahwa pola penyimpanan atas bahan baku dan barang jadi tidak menurunkan kualitas dan keamanan pangan. Program lay out untuk memastikan pemantauan dan FIFO harus dipastikan terkendali dengan tepat.  Perusahaan menjaga sistem administrasi secara akurat untuk memastikan bahwa proses penyimpanan barang dapat dijalankan secara efektif.

(4) Strategi Distribusi

Program distribusi harus dipastikan dijalankan dengan mengendalikan keefektifan jalur yang ada. Pastikan seluruh jalur efektif dan memberikan service level terbaik serta dipastikan tidak adanya waktu tunda yang dapat menyebabkan tersendatnya sistem pengiriman barang. Tersendatnya program pengiriman dapat menyebabkan potensi ketidaksesuaian kualitas maupun keamanan pangan produk.

Lakukan proses desain Supply Chain Management dalam perusahaan Anda secara efektif untuk dapat memastikan pertumbuhan bisnis Anda bergerak maju. Penggunaan referensi eksternal yang tepat, amat sangat membantu perusahaan dalam mencapai target yang diharapkan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926/ 081335632084)

 

Agustus 14, 2016 - Posted by | ISO 22000, konsultan industri perikanan, konsultan perikanan, Manual GMP, Manual HACCP, Pengolahan Produk, Training, Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: