seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Pengelolaan Keamanan Pangan Pada Produk Cooked Perikanan

Dalam proses pengelolaan atas keamanan pangan, perusahaan harus memastikan bahwa kategori terkait dengan metode konsumsi menjadi pertimbangan penting terkait dengan analisis bahaya.

Bagaimana proses pengelolaan keamanan dilakukan untuk jenis produk kategori cooked.

(1) Penetapan Risk Area

Produk cooked memiliki tingkat resiko atas produk yang tinggi, berbeda dengan produk raw frozen. Dalam produk cooked produk telah mendapatkan aspek penanganan pemasakan yang memiliki potensi pemberian temperatur dan waktu untuk meningkatkan jumlah mikrobiologi setelah proses pemasakan.  Perusahaan harus memastikan adanya pemisahan area yang tepat untuk memastikan adanya pemisahan terkait dengan area resiko (high risk area) dan area dengan penanganan ketat (high care area).

(2)Pengendalian temperatur produk

Produk cooked frozen harus selalu dipastikan berada dalam kondisi rantai dingin.  Ada baiknya perusahaan menjalankan proses pengendalian yang ketat pada temperatur produk setelah pemasakan, untuk memastikan bahwa penurunan temperatur dilakukan secara cepat untuk menjaga kesesuaian dari tekstur produk yang dimaksud.

(3) Pengendalian PRP

Perusahaan harus dapat memastikan bahwa PRP dijalankan secara efektif. Memastikan no pathogen availability dalam area proses adalah penting. Menjalankan desain sanitasi dan program cleaning adalah bagian penting yang tidak dapat ditawar dalam mengendalikan keamanan pangan yang dimaksudkan tersebut.

Bagaimana perusahaan merancang desain keamanan pangan yang tepat dan efisien? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk dapat memastikan bahwa pengelolaan desain keamanan pangan dapat dijalankan dalam perusahaan Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Agustus 13, 2016 - Posted by | BRC, ISO 22000, konsultan industri perikanan, konsultan perikanan, Manual GMP, Manual HACCP, Pengolahan Produk, Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: