seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Mendesain Control Measure yang Tepat pada Industri Perikanan Beku

Dalam industri pengolahan pangan khususnya perikanan beku, adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk memastikan tersedianya control measure untuk memastikan bahwa resiko keamanan pangan dihilangkan ataupun diminimalkan.

Lalu bagaimana program desain control measure ditetapan pada industri perikanan beku?

(1) Penerapan General Control Measure

Penetapan general control measure adalah menjalankan pola control measure umum dalam proses pelaksanaan keamanan pangan. Salah satu contoh General Control Measure adalah prinsip pelaksanaan PRP seperti, pest control, sanitasi dan cleaning. Penerapan general control measure dalam industri perikanan beku wajib dijalankan dalam frekuensi yang tepat dan metode yang akurat.  Ada baiknya proses validasi dikembangkan untuk memastikan bahwa standar yang dijalankan telah sesuai.

(2) Penerapan Specific Control Measure

Penerapan atas specific control measure dapat dijalankan dengan memastikan bahwa program pelatihan serta pelaksanaan evaluasi yang tepat dapat meminimalkan resiko. Specific control measure dalam bentuk pengembangan sistem traceability yang tepat dalam pengadaan barang beserta seleksi dan evaluasi yang dijalankan adalah salah satu bentuk cara yang efektif dalam meminimalkan resiko yang ada.

Sudahkan Anda menyusun control measure dalam tahapan proses Anda? Lakukan proses pencarian referensi ekstrnal yang tepat untuk mengembangkan sistem operasional industri perikanan Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Agustus 1, 2016 - Posted by | BRC, ISO 22000, konsultan bap, konsultan industri perikanan, konsultan perikanan, Manual GMP, Manual HACCP, Pengolahan Produk, Uncategorized | , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: