seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Mengenal Material Sanitizer dalam Proses Sanitasi Industri Pangan

Dalam industri pangan, adalah menjadi hal yang penting untuk dapat memastikan bahwa penggunaan bahan kimia sanitasi adalah sesuai untuk menjamin keamanan pangan dalam perusahaan dijalankan.

Banyak perusahaan, yang mengambil posisi meminimalkan penggunaan material kimia sanitasi dengan alasan melihat efek buruk dari efek samping bahan kimia. Namun, dalam beberapa kondisi, proses pembersihan dengan material kimia adalah suatu proses sanitasi yang paling efektif untuk dilakukan proses sanitasi/ pembersihan.

Ada baiknya perusahaan mengenali material sanitasi yang akan dipergunakan untuk melakukan proses pembersihan di area kerja/ proses produksi.

(1) Alkohol dan Senyawa Fenol

Alkohol terbukti dapat membantu menghilangkan/ membunuh baketeri pseudomal serta baketeri E.coli ataupun patogen lainnya. Namun kelemahan dari material ini adalah tingkat penguapannya yang cepat sehingga beresiko tidak stabil selama penyimpanannya dan memiliki waktu kontak dengan permukaan yang cepat.  Proses pengenceran atas material ini diusahakan dilakukan secara tepat dan efektif untuk menghilangkan konsentrasi yang terlalu tinggi (beresiko mengurangi waktu kontak dengan permukaan) ataupun konsentrasi terlalu rendah (beresiko tidak efektif dalam membunuh bakteri patogen).

(2) Chlorin

Senyawa chlorin adalah senyawa pengoksidasi sehingga sangat efektif dalam membunuh bakteri. Hampir seluruh jenis bakteria termasuk dalam fase spora dapat dikurangi bahkan dihilangkan dengan senyawa chlorin.  Mengingat material ini adalah pengoksidasi kuat, maka terdapat kecenderungan untuk tidak stabil dalam konsentrasi. Chlorin akan bereaksi lemah apabila permukaan tetutupi dengan pengotor organik.

(3) Ammonium Quart

Senyawa kimia yang dipergunakan sebagai bahan pembunuh bakteri yang cukup efektif. Jenis ini akan sangat efektif bekerja dalam kondisi air yang bersih dapat membunuh jamur dengan senyawa bakteri lainnya. Kesulitan terbesar adalah apabila material ini dicairkan pada air dengan kondisi kotor/ tidak bersih.

(4) Triclosan

Bahan kimia ini seringkali dipergunakan di dunia kedokteran sebagai pembunuh bakteri.  Namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa material ini ditemukan tidak efektif dipergunakan apabila dimasukkan sebagai senyawa tambahan dalam sabun.

Bagaimana dengan material sanitasi yang perusahaan Anda pergunakan saat ini? Beberapa industri pangan menggunakan material sanitasi yang terdiri dari berbagai macam komposisi yang dapat dipergunakan untuk secara simultan membunuh bakteri. Namun ada baiknya proses validasi dan verifikasi terhadap material bahan kimia tersebut dijalankan oleh perusahaan dengan tepat dan efektif. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Juli 2, 2016 - Posted by | BRC, ISO 22000, konsultan industri perikanan, Manual GMP, Manual HACCP, Training, Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: