seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Program Pengembangan Produk Perikanan dalam Segmen Pasar Lokal

Masyarakat Indonesia, telah mengalami proses peningkatan dalam kemampuan konsumsi.  Adalah sangat miris apabila produk perikanan lokal tidak mampu secara strategis menggeser produk-produk pangan lokal lainnya.  Mengkaji bagaimana preferensi produk perikanan masih berada pada nilai konsumsi yang tidak setinggi produk unggas dan daging ayam, tentu saja hal ini menjadi suatu nilai penting tentang bagaimana produk perikanan lokal dapat dikembangkan secara tepat dan efektif.

1. Jenis Produk Ikan Segar/ Hidup

Konsep bisnis ini adalah sederhana, namun memiliki tingkat kesulitan teknis yang cukup sulit yaitu proses pendistribusian serta kondisi penyimpanannya.  Namun kebutuhan atas produk ikan segar/ hidup dapat dipastikan berjumlah cukup besar, selain dibutuhkan secara konsumsi oleh konsumen juga area horeka juga membutuhkan jumlah yang cukup besar terkait dengan jumlah produk tersebut.

2. Jenis Produk Ikan Beku

Produk ikan beku adalah termasuk alternatif pilihan lain dalam program pengembangan produk. Secara lokal, konsumen seringkali lebih memilih produk ikan beku olahan. Dimana produk ini memberikan nilai kebutuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan beku non olahan.  Selain lebih memudahkan untuk proses konsumsinya, produsen pun dapat memiliki nilai tambah atas produk yang dijual tersebut.

3. Jenis Produk Ready To Eat

Semakin lama, semakin banyak produsen yang secara “berani” mengembangkan produk ready to eat. Secara umum, pengolahan atas produk ini membutuhkan aspek sanitasi yang tinggi mengingat bahwa konsumen tidak akan mengolah lagi atas produk tersebut. Namun secara bisnis, semakin lama tingkat kebutuhan atas jenis produk ini juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.

Lalu bagaimana pengembangan produk perikanan di perusahaan Anda? Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk dapat mengembangkan nilai tambah atas produk Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Februari 23, 2016 - Posted by | konsultan industri perikanan, konsultan perikanan, Training, Uncategorized | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: