seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Revisi Klausul pada BRC Versi 7

Pada pertengahan tahun 2015, BRC melakukan proses perubahan terhadap sistem BRC yang dimana sebelumnya adalah BRC versi 6, kemudian dilakukan proses perubahan menjadi BRC versi 7.  Perubahan secara prinsip atas sistem tidak terlalu signifikan, namun terdapat beberapa penambahan atas proses pengendalian terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan.

(1) Penetapan Klasifikasi atas Resiko Produk

Dalam proses penetapan yang terkait dengan klasifikasi resiko, dimana produk diklasifikasikan sebagai produk low risk, high risk, Low care area, serta High Care Area.  Adalah penting bagi setiap industri untuk melakukan identifikasi terkait degan klasifikasi terhadap resiko produk tersebut.

(2) Program Pelatihan

Berbeda dibandingkan dengan BRC versi sebelumnya.  Dalam standar BRC Versi 7, program pelatihan dijalankan secara insentif terhadap seluruh karyawan.  Dalam versi terbaru ini, terlihat jelas bahwa kepentingan terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan adalah menjadi tanggung jawab seluruh karyawan dalam perusahaan.

(3) Program Pengendalian Pemasok

Dalam BRC versi terbaru, proses pengendalian atas pemasok ditetapkan dan menjadi persyaratan utama yang harus dijalankan oleh perusahaan.  Kepentingan tidak hanya memastikan persyaratan keamanan pangan dan sistem manajemen mutu diterapkan secara total, perusahaan juga harus memastikan adanya jaminan yang terkait dengan status traceability.

(4) Program Contingency Plan

Dalam BRC veersi terbaru, perusahaan dipastikan untuk menjalankan program contingency plan.  Adapun tujuan dari penerapan program ini adalah untuk memastikan bahwa kontinyuitas realisasi produksi serta keamanan pangan tetap terjaga meskipun perusahaan menghadapi situasi emergency.

Sudah siapkan perusahaan Anda untuk mengaplikasikan BRC Versi 7? Lakukan proses perencanaan terhadap sistem yang tepat dan akurat. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

September 25, 2015 - Posted by | BRC, ISO 22000 | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: