seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Sistem Pengendalian Keamanan Pangan

Dalam industri pangan, adalah sangat penting bagi perusahaan untuk menyusun sistem pengendalian yang terkait dengan Resiko Keamanan Pangan. Bagi beberapa perusahaan proses pengendalian atas resiko tersebut dapat dijalankan dengan menggunakan beberapa cara / proses pendekatan.

Berikut adalah beberapa tahapan yang dapat dilakukan oleh perusahaan terkait dengan proses pengendalian atas resiko yang dijalankan.

(1) Pengendalian PRP ( Pre Requisite Program)

Pre Requisite Program adalah landasar dasar dan utama dari proses pengendalian atas manajemen keamanan pangan. PRP sebaiknya direncanakan dengan baik, terkait dengan anggaran baik dalam proses pembuatan awal ataupun pengendalian lanjutannya. Apabila PRP yang dijalankan tersebut memiliki banyak kelehaman maka perusahaan tentu akan akan mengalami tingginya nilai biaya yang harus diinvestasikan terkait dengan program pengendalian resiko.

Proses penanganan PRP ini bertujuan untuk melakukan proses pengendalian atas pencegahan atas meningkatkan keseriusan akan bahaya yang ada dalam produk pangan.  Pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan meminimalkan resiko yang muncul atau mengurangi frekuensi kejadian atas kemunculan resiko tersebut.

(2) Pengendalian CCP (Critical Control Point)

Proses pengendalian ini sudah memasuki ranah atas bahaya yag muncul dalam klasifikasi signifikan. Proses pengendalian atas CCP ini bertujuan untuk memastikan bahwa bahaya yang signifikan tersebut dapat tercegah secara langsung.

Pastikan proses produksi pangan Anda terlindungi secara maksimal. Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat dan optimal terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

September 18, 2015 - Posted by | BRC, ISO 22000, konsultan industri perikanan, konsultan pakan, konsultan perikanan | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: