seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Program Verifikasi Alir Proses

Dalam program HACCP, perusahaan menetapkan program verifikasi atas alir proses.  Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa rencana HACCP yang disusun telah sesuai dengan kondisi aktual.

Untuk menjalankan program verifikasi alir proses. Perusahaan dapat melakukan proses dengan tahapan sebagai berikut:

(1) Audit Alir Proses

Siapkan checklist yang kemudian digunakan untuk melakukan proses pemeriksaan atas alir proses yang dijalankan. Melakukan proses audit atas alir proses tersebut.  Parameter yang perlu untuk diperiksa adalah kesesuaian alir, potensi kontaminasi yang muncul serta analisis resiko dalam tahapan proses tersebut.

(2) Evaluasi Alir Proses

Lakukan proses analisis atas alir proses.  Pertimbangan untuk memastikan apakah perusahaan akan menggunakan alir proses yang sudah ada atau menggunakan alir proses aktual. Diskusikan dalam tim HACCP.

(3) Kaji Rencana HACCP

Setelah proses diskusi dijalankan, ada baiknya tim melakukan kajian pada Rencana HACCP. Pastikan bahwa Rencana HACCP secara sistematis dapat mengamankan proses produksi perusahaan.

Bagaimana perusahaan Anda menjalankan proses verifikasi alir proses. Lakukan proses pencarian atas referensi eksternal yang tepat untuk memastikan Sistem Manajemen Keamanan Pangan sesuai dengan standar persyaratan yang telah ditetapkan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

September 1, 2015 - Posted by | ISO 22000, konsultan industri perikanan, konsultan perikanan, Manual GMP, Manual HACCP | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: