seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Manfaat Strategis Sertifikasi Keamanan Pangan

Pada saat ini, sudah menjadi tuntutan penting dan wajib bagi industri pangan untuk menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Regulasi pemerintah memastikan adanya suatu kewajiban penting agar perusahaan dapat memiliki dasar-dasar penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Beberapa perusahaan yang telah menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan juga melihat adanya kebutuhan untuk dapat menjalankan program sertifikasi keamanan pangan.

Banyak perusahaan melihat bahwa sertifikasi adalah hanya sebagai pelengkap dari tuntutan perusahaan bukanlah sebagai manfaat strategis yang penting bagi internal perusahaan.

Lalu apa saja manfaat strategis dari sertifikasi manajemen keamanan pangan bagi perusahaan?

(1) Memberikan investasi strategis bagi sistem perusahaan

Perusahaan sebaiknya tidak melihat berapa nilai investasi yang dikeluarkan, namun perusahaan sebaiknya melihat seberapa besar kelolosan dari kerugian sistematis muncul dan memberikan pengaruh negatif pada perusahaan. Nilai yang seringkali disebut sebagai Quality Cost atau Food Security cost, memiliki nilai lebih terkait dengan bagaimana perusahaan dapat mencegah kelemahan yang muncul dari tidak adanya sistem.

(2) Mengembangkan fungsi SDM

Sistem membuat operasional perusahaan menjadi terencana, terukur dan dapat terevaluasi dengan baik.  Peranan sertifikasi dapat menjadi tantangan bagi perusahaan dan sumber daya manusia untuk lebih optimal menjalankan konsep strategis dalam perusahaan.  Pengembangan kompetensi dan program pelatihan menjadi bagian penting agar SDM dalam perusahaan lebih dapat teroptimalkan.

(3) Pengembangan Budaya Kerja

Sistem Manajemen keamanan Pangan menuntut adanya konsistensi prilaku Sumber Daya Manusia, khususnya prilaku yang terkait dengan bagaimana Sistem Manajemen Keamanan Pangan tersebut dapat memaksa konsistensi dalam penerapan budaya kerja yang dipersyaratkan tersebut. Aspek strategis dari komitmen dan konsistensi budaya kerja tersebut menjadi bagian penting dalam investasi perusahaan.

Pastikan proses sertifikasi keamanan pangan perusahaan Anda, menjadi bagian penting untuk mengoptimalkan konsep strategis perusahaan Anda. Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat dan strategis dalam perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Januari 24, 2015 - Posted by | BRC, ISO 22000 | , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: