seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Menyusun Sasaran Keamanan Pangan

Pada penerapan implementasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan, adalah menjadi hal yang sangat penting dan merupakan perihal yang wajib dalam penerapan sistem ISO 22000.  Lalu bagaimana perusahaan sebaiknya melakukan proses penyusunan sasaran keamanan pangan yang tepat dan efektif?

Langkah pertama, menetapkan sasaran keamanan pangan

Terdapat tiga persyaratan utama yang perusahaan sebaiknya memperhatikan ketika akan melakukan proses penetapan sasaran keamanan pangan.  Ketika persyaratan utama tersebut adalah pemastian pemenuhan terhadap peraturan persyaratan, pemastian adanya pengendalian bahaya keamanan pangan serta melakukan perbaikan sumber daya manusia. Ketiga parameter tersebut sangat penting dan strategis sebagai bagian dari proses perbaikan yang berkesinambungan.

Langkahkedua, menetapkansasaranterukur

Memastikan adanya penetapan sasaran terukur yang menjadi prioritas penting dalam penetapan strategis ukuran dari kinerja yang dijalankan.  Penetapan nilai sebagai target dapat dilakukan melalui analisis yang kuat dan berdasarkan pada latar belakang historis yang menjadi persyaratan yang telah ditetapkan. Target yang tepat dapat mengakomodasi kepentingan perusahaan akan komitmen terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Langkahketiga, menetapkanSistemPencatatan dan PengendalianPengukuran

Setelah menetapkan target yang telah ditetapkan tersebut, perusahaan menetapkan mekanisme program pengukuran dan evaluasi yang efektif untuk dapat memastikan bahwa target kerja terukur secara sistematis.

Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat dan efektif untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Keamanan Pangan dalam perusahaan dijalankan dan terevaluasi secara tepat dan efektif. (amarylliap@gmail.com)

Oktober 1, 2014 - Posted by | BRC, ISO 22000, Manual HACCP | , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: