seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Pentingnya Proses Penanganan Limbah dalam Industri Pangan

Dalam penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan, industri diharapkan tidak hanya mempertimbangkan tahapan kerja operasional produksi saja.  Adanya tuntutan yang kuat terkait dengan proses penanganan limbah juga menjadi bagian yang kuat dalam Sistem Manajemen Keamanan Pangan dan terutama adalah oleh Peraturan Pemerintah.

Hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam proses penanganan limbah industri.

(a) Sistem Pemisahan Limbah

Harus dapat dipastikan bahwa penanganan limbah terpisah untuk mempermudah penanganan limbah pada tempat pembuangan limbah akhir.  Perusahaan dapat menetapkan SOP khusus yang terkait dengan proses penangan limbah.

(b) Sistem Penanganan Limbah Cair

Salah satu resiko terbesar pada industri pangan/ perikanan adalah status dari penanganan limbah yang dimaksud.  Seperti bagaimana waste water treatment dijalankan.  Memastikan bahwa mekanisme dari penanganan limbah tersebut secara tepat dapat menghasilkan limbah yang dapat sesuai dengan baku mutu lingkungan.

(c) Sistem recycle limbah

Perusahaan harus dapat memastikan adanya sistem recycle limbah yang tepat dapat memberikan dampak positif terhadap limbah.  Dimana limbah itu sendiri dapat dioptimalkan menjadi suatu produk yang layak untuk dijual atau ditingkatkan manfaatnya.

Bagaimana proses penanganan limbah di perusahaan Anda. Satu hal yang amat sangat perlu diperhatikan adalah bagaimana limbah tersebut tidak menyebabkan adanya kontaminasi silang.  Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat terkait dengan proses penanganan limbah di perusahaan Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Juni 24, 2014 - Posted by | BRC, ISO 22000, Manual GMP, Manual HACCP, Pengolahan Produk | , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: