seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Memilih Peralatan Produksi yang Tepat dalam Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Penerapan GMP (Good Manufacturing Practice) bagi industri Pangan/ Perikanan adalah menjadi suatu persyaratan yang mendasar.  Dalam penerapan HACCP, aplikasi dari sistem GMP yang efektif dapat meminimalkan timbulnya kontaminasi silang terhadap produk.

Salah satu hal yang menjadi bagian penting dalam penerapan GMP adalah proses penggunaan dan pengendalian terhadap peralatan kerja yang digunakan pada area proses produksi.  Terdapat 5 catatan yang harus menjadi pertimbangan suatu industri berkaitan dengan proses penggunaan peralatan kerja yang dimaksudkan tersebut.

(1) Jenis dan Material Peralatan

Ada baiknya peralatan kerja yang digunakan untuk proses produksi tersebut adalah berasal dari kualitas material yang baik, tidak mudah rusak dan memberikan dampak kontaminasi silang terhadap proses produksi.  Namun apabila peralatan dengan kualitas yang dimaksud sulit ditemukan, industri dapat menggunakan peralatan yang ada dengan meminimalkan resiko dengan menggunakan checklist.  Namun yang perlu diperhatikan bahwa ini adalah alternatif terakhir.

(2) Pemeriksaan Kondisi Alat

Industri harus menciptakan sistem yang tepat dan sesuai untuk memastikan bahwa kondisi peralatan yang digunakan adalah masih layak untuk digunakan.  Proses pemeriksaan secara berkala harus dijalankan, dan apabila ditemukan peralatan dalam kondisi tidak memenuhi standar persyaratan maka peralatan yang dimaksudkan tersebut dapat diganti atau diperbaiki.

(3) Identifikasi Peralatan

Bagaimana kondisi peralatan harus dialokasikan sesuai dengan kode penempatan, penempatan peralatan harus dibedakan antara lokasi dengan status high risk dan low risk.  Dalam kondisi lain, pemisahan peralatan juga harus dipastikan terpisah apabila ada status allergent pada produk.

(4) Program Kebersihan

Peralatan kerja harus dipastikan terjadwal dalam sistem pengendalian program kebersihan.  Adanya jadwal dan schedule yang dapat diaplikasikan untuk program kebersihan tersebut diverifikasi dan dipastikan terjamin dalam pengawasan metode pembersihannya.

(5) Keamanan dari Resiko Toksin

Untuk peralatan kerja yang kontak langsung dengan produk pangan, sangat dipersyaratkan untuk meminimalkan resiko adanya toksin yang dapat mempengaruhi produk.  Adanya jaminan food grade menjadi pertimbangan utama bagi suatu industri dalam menggunakan peralatan yang kontak langsung dengan produk pangan.

Desain Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang tepat dan efektif dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan organisasi dan kualitas produk.  Lakukan proses pencarian referensi eksternal terkait dengan pengembangan Sistem Manajemen Keamanan Pangan tersebut. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Juni 24, 2014 - Posted by | BRC, ISO 22000, Manual GMP, Manual HACCP, Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: