seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Memilih Sistem Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Bagi industri pangan/ perikanan, pada saat ini banyak alternatif sertifikasi manajemen keamanan yang dapat dipergunakan.  Dimana hal ini dapat menjadi opsi pilihan yang menarik dan memberikan nilai jual terhadap industri pangan/ perikanan.  Lalu sistem manajemen sertifikasi mana yang akan dipilih oleh perusahaan?

(1) HACCP

Sertifikasi HACCP adalah sertifikasi dasar yang menjadi bagian penting pada industri pangan/ perikanan.  Dalam industri perikanan, sertifikasi HACCP adalah menjadi kewajiban dan juga didukung oleh Kementerian Perikanan. Dengan sertifikasi ini, perusahaan sudah mendapatkan jaminan bahwa sistem manajemen operasional dari perusahaan telah terjamin keamanannya.

(2) ISO 22000

ISO 22000 adalah sertifikasi yang berbasikan pengendalian terhadap keamanan pangan yang menyeluruh pada seluruh komponen dalam perusahaan. Jenis sertifikasi ini dapat memberikan jaminan lebih pada perusahaan, dimana pelanggan melihat adanya keseriusan secara total pada perusahaan dalam menetapkan standar sistem manajemen.  Apabila perusahaan sudah menjalankan Standar ISO 22000 maka sudah tidak diperlukan lagi memiliki sertifikasi HACCP, karena di dalam sistem ISO 22000 sudah termuat sistem HACCP.

(3) Sertifikasi GFSI

Selai ISO 22000, Global Food Safety Institue merekomendasikan sertifikasi FSSC, BRC dan IFS sebagai sertifikasi yang dipersyaratkan oleh beberapa perusahaan pangan besar.  ISO 22000 tidak menjadi prasyarat utama yang dipertimbangkan, hal ini lebih disebabkan karena Sistem Manajemen ISO 22000 tidak mengendalikan secara teknis pelaksanaan sistem manajemen keamanan pangan.  Faktor teknis yang terkait adalah kondisi infrastruktur, lay out, kompetensi sumber daya manusia serta persyaratan teknis lainnya.

Perusahaan sebaiknya melakukan proses pemilihan sertifikasi berdasarkan pada kebutuhan dan kepentingan dari pelanggan dan sasaran pasar yang akan dituju. Lakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat dalam pengembangan Sistem Manajemen Keamanan Pangan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

 

Juni 22, 2014 - Posted by | BRC, ISO 22000 | , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: