seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Memahami Peranan Ketua Tim HACCP dalam Industri Perikanan

Perusahaan Anda, pada saat ini sedang melakukan proses set up sistem manajemen keamanan pangan.  Dalam menetapkan sistem manajemen keamanan pangan, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki pemahaman mengenai fungsi dari tim keamanan pangan.  Bagaimana pun juga suatu sistem yang baik menuntut adanya fungsi leadership yang kuat untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Keamanan Pangan dijalankan sesuai dengan strategi yang tepat dan efektif.

Lalu apa saja peranan dari ketua tim keamanan pangan itu sendiri.

(1) Melakukan proses pemastian kesesuaian sistem

Sistem Manajemen Keamanan Pangan (HACCP) itu sendiri harus dipastikan sesuai dengan persyaratan dan standar yang telah ditetapkan.  Sehingga menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki ketua tim yang mumpuni yang dapat mengembangkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan itu sendiri.  Perusahaan harus melihat bahwa ketua tim keamanan pangan adalah bagian kritikal dan menjadi fungsi strategis dari sistem.  Sehingga kemampuan dalam memahami hal-hal teknis yang terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan adalah penting.

(2) Melakukan proses pelatihan dan sosialisasi

Sistem yang baik di atas kertas, bukanlah memegang peranan penting apabila proses aplikasi tidak dapat dijalankan.  Proses-proses yang menjadi pendekatan sistem kepada pemahaman karyawan adalah hal yang utama dan strategis.  Karyawan haruslah diberikan pemahaman yang kuat untuk meningkatkan kesadarannya dalam menjalankan sistem. Tanpa kesadaran yang kuat, sistem akhirnya tidak dapat berjalan secara evektif.

(3) Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Sistem

Adalah menjadi hal yang menarik, bahwa Sistem harus melalui proses untuk dapat dijadikan suatu nilai strategis untuk dipahami dan dinilai.  Beberapa ukuran harus ditetapkan dan dievaluasi secara terus menerus baik itu sifatnya kuantitatif maupun kualitatif.  Tentunya akan menjadi suatu nilai penting bagi ketua tim keamanan pangan untuk melakukan proses penyusunan laporan terhadap kinerja keamanan pangan.

(4) Menjalankan Program keamanan pangan

Terdapat program-program kerja penting yang harus dijalankan oleh ketua tim keamanan pangan, seperti PRP, internal audit, konsultasi dan komunikasi dengan pihak eksternal terkait lainnya.  Program yang termasuk dalam bagian verifikasi dan validasi haruslah dijalankan untuk memastikan Sistem Manajemen Keamanan Pangan telah dijalankan sesuai dengan standar persyaratan yang telah ditetapkan.

Lakukan proses penetapan set up terhadap Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang tepat dan efektif.  Referensi eksternal yang tepat dapat membantu perusahaan Anda dalam mencapai Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang efektif. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Juni 9, 2014 - Posted by | BRC, ISO 22000, Manual HACCP, Training | , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: