seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Strategi dalam Memilih Badan Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Apakah perusahaan Anda pada saat ini akan menjalankan Sistem Manajemen Keamanan Pangan? Lalu ketika perusahaan Anda bingung akan memilih badan sertifikasi, point apa yang harus Anda lakukan dalam memilih? Mengingat saat ini banyak sekali alternatif badan sertifikasi yang dapat digunakan.

Sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya perusahaan memperhatikan beberapa faktor yang penting sebelum memilih badan sertifikasi:

(1) Pertimbangan Konsumen

Sebelum memilih badan sertifikasi ada baiknya perusahaan memperhatikan konsumen yang akan menjadi sasaran tujuan atau yang dimiliki oleh perusahaan saat ini.  Tidak dapat dipungkiri proses pemilihan badan sertifikasi akan mempengaruhi brand dari perusahaan.  Apabila badan sertifikasi yang dipilih adalah badan sertifikasi internasional, maka secara umum perusahaan dapat diterima oleh konsumen.  Karena bagaimana pun juga tujuan sertifikasi salah satunya adalah membangun kepercayaan dari konsumen.

 

(2) Pertimbangan Kualitas

Kualitas dari badan sertifikasi lebih dapat ditentukan dari auditor yang digunakan. Pastikan badan sertifikasi menyediakan auditor yang sangat kompeten dan memiliki pengalaman yang cukup dalam ruang lingkup audit yang akan dijalani.  Banyak manfaat dan perbaikan akan didapatkan apabila perusahaan menjalankan audit dengan tenaga ahli yang mumpuni.

 

(3) Pertimbangan Harga

Penting dan sangat perlu untuk dievaluasi.  Bagaimana perhitungan harga dilakukan dan apabila memungkinkan bandingkan dengan badan sertifikasi lainnya.  Bukan nilai rupiahnya yang harus menjadi pertimbangan, namun nilai jual yang sangat penting dan ruang lingkup sertifikasinya.

Lakukan proses pencarian badan sertifikasi yang tepat untuk dapat memberikan kontribusi terhadap bisnis perusahaan Anda. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

 

Juni 1, 2014 - Posted by | BRC, ISO 22000, Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: