seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Meningkatkan Kesadaran Karyawan akan Keamanan Pangan

Ketika suatu perusahaan makanan dan perikanan akan menjalankan program manajemen keamanan pangan, salah satu hal yang tersulit yang dialami adalah memastikan bahwa kesadaran keamanan pangan dijalankan pada level seluruh karyawan.  Namun apa pun tingkat kesulitannya, kesadaran keamanan pangan adalah mutlak untuk terimplementasi secara penuh pada seluruh komponen dari perusahaan.  Lalu bagaimana cara yang tepat untuk dapat memastikan kesadaran karyawan akan keamanan pangan teroptimalkan.

 

(1) Pelatihan

Perusahaan harus menetapkan program pelatihan yang tepat untuk karyawan, pelatihan didesain sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan dalam perusahaan itu sendiri.  Untuk memastikan bahwa kesadaran muncul, maka pastikan program pelatihan tersebut dijalankan bersama dengan suatu metode evaluasi yang tepat.

 

(2) Pengembangan peranan supervisor

Bagaimana proses pengembangan peranan supervisor dibutuhkan untuk memastikan bahwa fungsi leadership terjalankan dalam mengembangkan budaya positif yang terkait dengan keamanan pangan.  Peranan agent of change harus terpatri kuat pada peranan supervisor untuk lebih dapat mengoptimalkan kesadaran tersebut muncul.

 

(3) Reward and punsihment

Aplikasi terhadap penetapan fungsi reward and punishment yang tepat dapat dijalankan untuk memastikan proses optimalisasi dari kesadaran.  Perusahaan harus menetapkan aturan yang kuat dan fungsi disiplin sehingga perubahan budaya positif dapat muncul dalam internal perusahaan itu sendiri.

 

Lalu bagaimana dengan penerapannya di perusahaan Anda, lakukan proses penetapan sistem yang tepat agar kesadaran keamanan pangan di dalam perusahaan terinternalisasai menjadi suatu relasi pengembangan yang positif antara karyawan dan perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Oktober 13, 2013 - Posted by | BRC, ISO 22000, Training | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: