seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Pentingnya Aplikasi Recall dalam Industri Perikanan

Dalam sistem industri perikanan, prosedur recall adalah tahapan penting dan wajib untuk diinformasikan dalam bentuk dokumentasi. Pemahaman mengenai recall itu sendiri dijelaskan dalam aspek pemastian bahwa produk yang telah didistribusikan dapat secara sistematik terlacak dan terkendali sesuai dengan kaidah keamanan pangan.

Langkah penting yang harus dipastikan diimplementasikan oleh industri pangan sebelum menjalankan prosedur recall adalah sebagai berikut:

(1) Menyusun sistem penelusuran terhadap proses produksi

Penetapan sistem penelusuran yang sistematis di dalam internal proses adalah suatu strategi penting yang menjadi dasar dari suatu kegiatan traceability. Pemberian identifikasi dapat dilakukan dalam bentuk kode produksi, tanggal, nama operator ataupun jam proses dijalankan.

(2) Melakukan proses pengembangan sistem penelusuran dalam sistem distribusi
Penting bagi perusahaan untuk dapat menjalankan fungsi sistem koordinasi dengan pihak distributor dan retailer terkait dengan penelusuran produk yang sudah dilepas di lapangan. Adanya prosedur pencatatan alokasi produk berdasarkan kode produksi dan sistem pengaturan terhadap sistem expired date dalam proses produksi menjadi hal yang sangat penting.

(3)Sistem Penelusuran kepada Pemasok

Pemasok sebagai bagian penting untuk penelusuran terhadap bahan baku menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan dalam sistem penelusuran. Penetapan prosedur di dalam sistem operasional pemasok khususnya untuk pencatatan dalam sistem fishing ground untuk mendapatkan informasi yang akurat dimana bahan baku tersebut diambil.

(4) Sistem Koordinasi Internal

Recall adalah suatu konsep manajemen yang ditetapkan untuk dapat mengaplikasikan bagaimana suatu proses penelusuran dapat dijalankan secara tepat dan akurat. Perusahaan berkewajiban untuk mengembangkan jalur komunikasi operasional yang tepat dan efektif untuk memastikan proses pelaksanaan koordinasi recall dapat dijalankan secara maksimal dan efektif.

Bagaimana dengan konsep manajemen recall yang dijalankan dalam manajemen operasional perusahaan Anda? Susunlah prosedur yang tepat agar proses recall Anda dapat dijalankan secara tepat dan sistematis. (Amarylliap@gmail.com, 08129369926).

Februari 11, 2013 - Posted by | ISO 22000, Manual GMP, Manual HACCP, Training, Uncategorized | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: