seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Mekanisme dan Proses Operasional Pengaturan Peralatan Kerja dalam Industri Pangan/ Perikanan

Dalam suatu proses industri pengolahan pangan, teknik dan tata cara yang tepat dalam proses pengaturan peralatan kerja salah satunya adalah suatu nilai yang sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa hal, bentuk kontaminasi pangan itu sendiri dapat juga disebabkan oleh ketidaksesuaian penggunaan peralatan kerja dalam suatu proses operasional yang dijalankan tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan oleh pelaku industri pangan, khususnya perikanan yang mana proses penanganan dan pengolahan sangat memiliki tingkat resiko yang tinggi dalam proses operasional yang dijalankannya.

1. Prosedur untuk Pengendalian Peralatan
Perusahaan ataupun pelaku industri wajib untuk membuat prosedur yang ditetapkan untuk melakukan proses pengendalian terkait dengan penggunaan peralatan yang dimaksud. Isi yang termuat dalam prosedur ini harus meliputi tata cara mengidentifikasi peralatan yang ada, proses pemeriksaan sebelum dan sesudah penggunan peralatan yang digunakan termasuk kemudian adalah proses evaluasi yang terkait dengan status kesesuaian peralatan. Dalam prosedur yang dibuat harus dipastikan adanya fungsi koordinator untuk kegiatan penanganan dan pengelolaan terhadap peralatan tersebut.

2. Form Inspeksi dan Checklist terkait dengan proses penggunaan peralatan
Dalam proses penggunaan peralatan yang digunakan, harus dapat dipastikan kegiatan inspeksi dan checklist yang ditetapkan untuk proses pengolahan perikanan. Inspeksi dan checklist yang dibuat harus dapat memastikan kesesuaian kondisi dari peralatan yang ada tersebut. Pastikan apabila peralatan dalam kondisi rusak ataupun tidak lengkap untuk tidak diperguanakan lagi. Apabila alat dalam kondisi rusak dimana terdapat patahan ataupun hilangnya komponen yang ada dalam alat tersebut maka dilakukan proses pemeriksaan ulang yang terkait dengan peralatan yang dimaksudkan tersebut.
Sedangkan untuk checklist peralatan, yang harus diperhatikan selain kondisi yang terkait dengan kesesuaian status visual dari peralatan yang dimaksud juga harus memperhatikan status kebersihan peralatan yang digunakan untuk proses operasional produksi.

3. Proses penangaan ketidaksesuaian peralatan yang ada
Setelah melakukan proses pemeriksaan yang terkait dengan kondisi yang ada dalam status peralatan yang ada, maka dilakukan proses penetapan yang terkait dengan dengan ketidkasesuaian peralatan yang dimaksud. Dimana ketidaksesuaian peralatan tersebut kemudian dilakukan proses penanganan dan koreksi lanjutannya untuk kemudian dilakukan proses pemastian bahwa peralatan tersebut tertangani secara terpisah untuk kemudian dipastikan tidak dijalankan status peralatan yang ada tersebut.

Meskipun terlihat sederhana, proses penanganan peralatan menjadi salah satu dari komponen kegiatan sanitasi yang harus dikelola secara tepat. Pastikan perusahaan ataupun pelaku industri menjalankan suatu proses operasional produksi yang dijalankan sesuai dengan standar persyaratan yang ditetapkan. Lakukan proses referensi eksternal yang tepat dalam proses penanganan status operasional yang terkait dengan status implementasi industri perikanan dalam perusahaan. (amarylliap@yahoo.com, 087884378754)

Maret 18, 2012 - Posted by | ISO 22000, Manual HACCP

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: