seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Implementasi BRC dalam Industri Perikanan

Selain penerapan ISO 22000, terdapat suatu sistem standarisasi lainnya yang ditetapkan oleh badan internasional, yang notabene berasal dari Inggris, yaitu BRC (British Retail Consortium). Inti dalam penerapan BRC itu sendiri apabila diresume adalah sebagai berikut:
1. Penerapan HACCP
Di mana di dalam konsep BRC, HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) adalah persyarata mutlak yang harus diterapkan oleh perusahaan sebelum menjalankan BRC. Secara otomatis, dengan dilaksanakannya BRC berarti telah dijalankannya HACCP dan GMP sesuai dengan syarat dan standar persyaratan yang ada.

2. Penerapan Quality Management Sytem
Isi dari klausul yang termuat dalam aspek Quality Management System yang ada terbentuk dari adaptasi ISO 9001:2008 yang secara detail harus dijelaskan lebih lanjut ke dalam prosedur dan sistem terdokumentasi.

3. Factory Environment Standard
Atau standar persyaratan lingkungan yang dipersyaratkan sebagai bentuk pengelolaan terhadap infrastruktur maupun kondisi lingkungan seperti yang dipersyaratkan dalam artikel yang termuat di dalam sistem BRC ini.

4. Product Control
Penerapan terhadap sistem pengendalian produk yang berkaitan dengan implementasi sistem manajemen keamanan pangan. Adapun isi artikel yang termuat dalam product control memuat desain produk, penanganan terhadap material dengan spesifikasi khusus, identifikasi bahan / benda asing, pengemasan produk, Inspeksi dan analisis produk, rotasi stock, pelepasan produk dan penanganan produk tidak sesuai.

5. Process control
Penerapan dari isi process control sendiri meliputi informasi pengendalian operasi, pengendalian mutu dan kalibrasi dan pemantauan alat ukur.

6. Personnel
Mengendalikan permasalah personnel hygiene, sistem dan aspek pengendalian kesehatan karyawan serta pelaksanaan pelatihan.

Meskipun terlihat kompleks, namun detail dari semua pembahasan akan sangat membantu perusahaan Anda dalam terus mengembangkan sistem dalam proses operasional industri Anda. Lakukan pencarian referensi eksternal yang tepat untuk proses pengelolaan dan pengembangan bisnis Anda. (08129369926, amarylliap@yahoo.com )

Februari 14, 2012 - Posted by | Pengolahan Produk, Training, Uncategorized | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: