seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Pengolahan Supply Air sebagai Bahan Baku Industri Perikanan

Dalam proses pengolahan dalam industri pangan, khususnya perikanan penggunaan air dalam proses pengolahan adalah aspek penting yang harus diperhatikan. Selain digunakan untuk melakukan proses pencucian terhadap infrastruktur proses seperti area kerja, peralatan ataupun dari bangunan itu sendiri, air juga digunakan untuk proses pencucian terhadap bahan baku perikanan itu sendiri maupun digunakan dalam proses pembuatan es yang akan bersentuhan atau kontak langsung dengan produk perikanan.

Pengelompokan air dibagi menjadi dua jenis, yaitu klasifikasi air minum dan air bersih. Apa bedanya? Klasifikasi air bersih dikelompokkan sebagai air yang layak digunakan di luar untuk kebutuhan konsumsi, misalnya untuk kegiatan domestik seperti mencuci pakaian atau kebutuhan MCK. Namun berbeda dengan air minum, dimana klasifikasi yang ditetapkan lebih ketat karena untuk kebutuhan konsumsi manusia. Selain melihat pada parameter mikroorganisme (kandungan mikroba yang terkandung, harus dipastikan memiliki nilai patogen nil), juga melihat pada kandungan logam berat yang ada. Beberapa logam berat seperti Aresn dan raksa dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Dalam persyaratan yang ditetapkan USFDA, ditemukan bahwa seluruh air yang digunakan dalam semua kondisi yang bersentuhan dengan bahan harus dipastikan masuk kualifikasi air minum. Bahkan untuk air yang digunakan sebagai air untuk mencuci tangan sekalipun. Lalu bagaimana cara untuk melakukan proses pengolahan air yang digunakan untuk memasok industri proses perikanan?

1. Proses sourcing/ pencarian air
Lakukan proses pencarian dan pemetaan terhadap sumber air yang digunakan untuk kebutuhan proses. Pihak industri dapat mengambil dua pilihan yaitu dengan menggunakan sumber air air tanah ataupun dengan menggunakan jasa penyalur air bersih resmi. Apa pun alternatif pilihan yang diambil, hal yang pasti adalah melakukan proses inspeksi terhadap kualitas air yang akan digunakan. Proses pemeriksaan ini berguna untuk memastikan tahapan proses selanjutnya yang berkaitan dengan penanganan air pada tahapan berikutnya.

2. Proses pengolahan air
A. PENYARINGAN AIR
Setelah menetapkan sumber air yang digunakan, lakukan proses pengolahan air. Tahapan awal adalah dengan melakukan teknik penyaringan. Tahap penyaringan awal, dimana air yang langsung berasal dari sumbernya tersebut dilakukan proses penyaringan untuk memastikan bahwa kontaminan fisik berkurang atau hilang. Pengurangan kontaminan fisik ini sangat berguna untuk mengoptimalkan proses berikutnya yaitu kontak air dengan sinar UV (ultraviolet) yang berguna untuk menghilangkan mikroorganisme dari kandungan air yang terdapat dalam produk tersebut.

B. TAHAPAN PROSES ULTRAVIOLET
Pada proses ini, air dilakukan kontak dengan sinar ultraviolet yang berguna untuk membunuh mikroorganisme patogen yang umumnya ada dalam air (seperti E.coli). Dengan waktu kontak tertentu, air akan mendapatkan tahapan penghilangan mikroba.

C. PENYARINGAN AIR
Tahapan selanjurnya adalah proses penyaringan ulang. Proses ini dilakukan kembali, mengingat adanya potensi pecahnya jalur air yang dilalui kontak dengan sinar UV yang terbut dari gelas.

4. Tahapan deionisasi
Proses ini dijalankan dengan melakukan proses penanganan dengan menggunakan resin ion exchange yang digunakan untuk menghilangkan kandungan logam berat dalam air.

Setelah seluruh proses dijalankan, lakukan kembali proses pemeriksaan terhadap air yang dihasilkan. Selain dengan proses pengolahan ini, tersedia alternatif lainnya untuk penanganan terhadap supply air seperti proses ozonisasi. Sebelum menjalankan penanganan water treatment ini tidak ada salahnya untuk melakukan proses pencarian referensi eksternal yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (tri_hartono2002@yahoo.com, 081335632084)

Januari 23, 2012 - Posted by | ISO 22000, Manual HACCP | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s