seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Penetapan Titik CCP dalam Industri Ikan Tuna Beku

Dalam industri tuna beku, terdapat beberapa titik (poin) yang berkaitan dengan CCP (Critical Control Point) yang terkait dengan proses penanganan terhadap proses operasional pengolahan tuna beku. Adapun titik CCP yang masuk ke dalam kaitannya dalam proses pengolahan tuna beku ada pada tahapan proses berikut.

1. Proses Penerimaan Bahan Baku
Dalam proses penerimaan bahan baku, terdapat potensi adanya bahaya yang muncul dalam produk ikan tuna yang dalam proses selanjutnya tidak dapat dikendalikan lebih lanjut, malah kemungkinan besar akan terjadi peningkatan nilai histmain yang berlebih. Histamin dalam produk ikan tuna, adalah bahaya kimia yang dalam aspek bahaya sangat signifikan dan dapat berpotensi menimbulkan kematian bagi konsumen. Kandungan histamin itu sendiri tidak dapat dikurangi dalam proses berikutnya untuk dipastikan adanya penurunan kandungan di dalamnya.
Oleh sebab itu, dalam proses penerimaan bahan baku, ada baiknya dilakukan proses pemeriksaan terhadap kandungan histamin material yang diterima untuk dapat memastikan bahwa material produk perikanan tersebut aman dan tidak beresiko mengalami peningkatan histamin sampai kadar yang dapat membahayakan konsumen.

2. Proses pendeteksi metal
Tahapan ini menjadi sangat penting dalam proses analisis HACCP pada produk perikanan yang diolah dalam industri. Mengingat bahwa dalam proses pengolahan ikan tuna beku (loin) terdapat suatu kondisi yang dapat menyebabkan adanya unsur kontaminasi metal di dalam produk perikanan yang dimaksud itu sendiri akibat adanya penggunaan alat yang menggunakan metal. Seyogyanya, semua tahapan akan menjadi kritikal untuk diawasi apabila tidak terdapat pendeteksi metal. Sehingga apabila suatu industri tersebut telah melakukan proses instalasi terhadap metal detector, maka tahapan tersebut digunanakan sebagai tahapan dimana titik kritis diawasi dalam proses.

Kedua tahapan tersebut menjadi titik CCP yang ditetapkan dalam proses pengolahan produk perikanan dalam industri ikan tuna (loin) beku. (tri_hartono2002@yahoo.com, HP; 081335632084)

Januari 21, 2012 - Posted by | ISO 22000, Manual HACCP, Pengolahan Produk | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: