seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

KONSULTASI HACCP SEBAGAI BENTUK VALIDASI

Dalam industri pengolahan pangan, khususnya perikanan, kegiatan konsultasi adalah suatu tahapan yang penting yang dipersyaratkan dalam konsep pengembangan tahapan validasi dalam pemastian Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Penggunaan konsultan eksternal dapat digunakan oleh pihak perusahaan sebagai salah satu bentuk pengembangan referensi eksternal untuk memastikan kesesuaian persyaratan dalam Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Berikut adalah beberapa alasan yang menjadikan mengapa tahapan ini merupakan kegiatan validasi.

1. Program Audit
Konsultan HACCP melakukan proses penilaian terhadap Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Kegiatan audit yang dijalankan dalam perusahaan tersebut dapat digunakan sebagai tahapan validasi dari Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang ada dalam perusahaan. Paling tidak, hal tersebut dapat digunakan sebagai bentuk proses pemeriksaan silang terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang dimiliki oleh perusahaan.

2. Sumber Referensi Eksternal
Jasa konsultan HACCP yang kompeten dapat memberikan referensi eksternal berdasarkan pada pengalaman yang dimiliki dalam industri sebelumnya. Suatu bentuk hal yang penting bagi perusahaan untuk dipastikan apakah proses yang dimiliki sudah sesuai dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang dipersyaratkan. Kehadiran konsultan yang kemudian menetapkan status validasi terhadap proses yang dijalankan akan menjadi nilai penting dalam penyusunan Sistem Manajemen Keamanan Pangan dalam perusahaan.

Melihat pada poin dan informasi seperti yang dimaksud, maka tidak ada salahnya perusahaan untuk melakukan proses investasi terhadap penggunaan jasa konsultan Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Tentu saja sebelumnya ada baiknya untuk melakukan proses pemeriksaan terhadap keandalan dan kompetensinya. (tri_hartono2002@yahoo.com, 081335632084)

Januari 21, 2012 - Posted by | ISO 22000, Manual HACCP | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: