seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Kiat Memilih Training Sistem Manajemen Keamanan Pangan dalam Organsasi

Saat ini, banyak perusahaan yang menawarkan jasa terhadap program pelatihan Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Alternatif program pelatihan yang banyak ini tentunya akan membuat suatu perusahaan untuk melakukan tindakan seleksi dan evaluasi terhadap program pelatihan Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang ditawarkan. Sebaiknya perusahaan melakukan proses evaluasi untuk melihat terlebih dahulu metode dan tata cara dari bagaimana provider tersebut menyajikan program pelatihan.

1. Perhatikan Program Pelatihan yang Ditawarkan
Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah isi dari program pelatihan yang disajikan tersebut. Perhatikan kurikulum atau silabus dari materi isi pelatihan. Pelatihan Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang baik menyajikan tahapan dasar mengenai GMP dan SSOP secara mendetail, disesuaikan dengan sistem manajemen operasional yang dijalankan dalam perusahaan. Terdapat penjelasan yang secara detail dapat menjelaskan tahapan-tahapan penyusunan HACCP, program dan proses penyusunan dokumentasinya serta konsep mendetail dalam pemberian pemahaman ISO 22000.

2. Perhatikan Kualitas Instruktur Pelatihan
Sebaik-baiknya program pelatihan yang disajikan, tetap saja membutuhkan adanya akomodasi instruktur pelatihan yang tepat dan memadai. Sebaiknya, pilihlah instruktur yang benar-benar memahami industri yang Anda miliki dan kalau bisa pernah terjun di dalam manajemen operasional tersebut adalah suatu nilai plus sehingga materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut dapat dipahami dengan baik oleh audiens.

3. Lihat referensi perusahaan
Hal ini menjadi nilai yang sangat penting dalam proses pengembangan program pelatihan. Sebaiknya lihat jenis perusahaan/ industri apa saja yang sudah pernah mendapatkan materi pelatihan yang dimaksudkan tersebut. Tidak ada salahnya untuk mengkomunikasikan hal ini kepada pihak perusahaan yang terkait dengan referensi tersebut untuk melihat apakah perusahaan tersebut mendapatkan manfaat yang optimal dalam proses kegiatan pelatihan tersebut.

Untuk mendapatkan referensi eksternal yang tepat dalam proses konsultasi dan pengembangan program pelatihan yang tepat dalam perusahaan Anda, khususnya terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan, tidak ada salahnya untuk berkomunikasi dengan kami. (tri_hartono2002@yahoo.com, hp: 081335632084).

Januari 21, 2012 - Posted by | ISO 22000, Training | , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: