seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Aplikasi OPRP (Operational Pre Requisite Program) dalam Industri Perikanan

Terdapat istilah yang menarik mengenai OPRP yang disebutkan sebagai suatu bentuk konsep menarik yang ditetapkan dalam Sistem Manajemen Keamanan Pangan dalam industri perikanan. Melihat dari penjelasan OPRP itu sendiri, yang menjelaskan adanya kebutuhan aplikasi operasional dalam penerapan PRP (Pre Requisite Program) yang ada di dalam industri pangan.

KONSEP 1: OPRP———PENJELASAN OPERASIONAL DARI PRP

Sebelumnya, hanya ada istilah yang bernama PRP (Pre Requisite Program), istilah ini muncul sebagai bentuk informasi yang terkait dengan adanya persyaratan sistem yang harus terpenuhi sebelum penerapan dan impelementasi HACCP tersebut dijalankan. Adapaun yang dimaksudkan dengan PRP itu sendiri adalah GMP (Good Manufacturing Practice) dan SSOP (Standard Sanitation of Operational Procedure). Dalam konsep ISO 22000, kedua sistem ini tidak hanya disebutkan sebagai bentuk persyaratan saja, namun dipersyaratkan adanya kebutuhan terhadap penerapan sistem tersebut secara operasional yaitu adanya bentukan SOP/ dokumentasi sistemnya serta catatan yang ada dalam sistem manajemen operasionalnya.

KONSEP 2: OPRP ———-PENURUNAN TINGKAT GRADE DARI CCP

Terdapat beberapa teori yang terkait dengan konsep OPRP, yang mana menjelaskan bahwa tahapan proses ini mengadung bahaya yang siginifikan namun dalam tahapan pohon keputusan ditemukan bahwa tahapan ini tidak termasuk ke dalam tahapan yang termasuk ke dalam klasifikasi CCP. Sebagai contoh adalah proses pengendalian bahaya kontaminasi logam yang mana, muncul ke dalam setiap tahapan proses pengolahan yang menggunakan proses alat cutting/ alat potong yang dapat menyebabkan adanya resiko terhadap kontaminasi logam dan bahaya tersebut sangat signifikan namun melihat dari pohon keputusan bukan termasuk ke dalam tahapan CCP. Namun mengingat bahwa resiko ini menjadi bahaya yang cukup signifikan maka dikendalikan dalam OPRP akan menjadi titik fokus pengendali yang sama kuatnya dengan CCP.

Dari penjelasan yang diberikan dalam konsep CCP ini, hal ini menjadi suatu bentuk perhatian yang penting bagi industri perikanan untuk melakukan proses penetapan OPRP. Selain dapat mengurangi bahaya yang signifikan muncul di dalam mekanisme manajemen operasional. Tahapan ini juga menjadi bentuk penting dalam proses penyusunan Sistem Manajemen Keamanan Pangan dalam perusahaan. (tri_hartono2002@yahoo.com, hp: 081335632084).

Januari 21, 2012 - Posted by | ISO 22000, Manual HACCP, Training | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: