seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

Perlukah Mengikuti Pelatihan HACCP?

Apakah perlu saya mengikuti pelatihan HACCP? Apabila Anda adalah bagian dari rantai industri perikanan, jawabannya adalah perlu. Tidak peduli apakah posisi Anda berada pada bagian paling hulu maupun pada posisi paling hilir dalam industri dan bisnis perikanan, pengetahuan yang tepat akan HACCP itu sendiri. Dalam Sistem Manajemen Keamanan Pangan (HACCP dan ISO 22000), pertimbangan terhadap resiko pangan sudah muncul ketika produk tersebut berada pada bagian paling hulu dari suatu tahapan proses. Menarik untuk dicermati dengan tingkat variasi pendidikan maupun latar belakang akan menyulitkan dalam melakukan proses sosialisasi dan pemahaman HACCP kepada seluruh lini yang ada.

Beberapa alasan yang dapat diketengahkan sebagai bagian mengapa pelatihan sangat diperlukan.
(1) Memastikan terpenuhinya persyaratan kompetensi dari pelaku usaha perikanan
Tentu akan menjadi PR yang tidak ada habisnya, apabila suatu industri perikanan alpa dalam melakukan proses pengembangan program pelatihan. Proses koreksi lebih banyak dilakukan dibandingkan dengan aspek pencegahannya, kesalahan dalam penanganan terhadap produk yang terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan akan lebih tinggi. Hal yang mana bisa diminimalkan dari kesalahan manusia menjadi suatu proses yang tidak terkendali dalam aspek penanganannya di lapangan.

(2) Patuh akan peraturan persyaratan
Jangan lupa bahwa auditor HACCP hanya datang dalam jangka waktu tertentu, tiak setiap hari proses pemantauan dilaksanakan. Kadangkala hal ini lah yang membuat pelaku industri mengesampingkan konsistensi dalam penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan, dan tentu saja hal ini menjadi suatu bentuk keputusan yang salah. Ketidakkonsistenan ini ibarat suatu bentuk penyimpangan yang semakin lama akan memperbesar batasan spesifikasi kualitas dan jaminan keamanan pangan dalam perusahaan.

(3) Sebagai panduan dalam menyusun manual HACCP
Kebutuhan akan menghasilkan manual HACCP yang tepat dan konsisten merupakan suatu bagian penting dalam pemberian ijin operasional dalam usaha perikanan. Kurangnya pemahaman dan kompetensi dalam melakukan proses penyusunan ini dapat mengakibatkan proses dari penerbitan sertifikasi akan lama karena kegiatan dan program audit yang dijalankan akan berlangsung lama, dimana aspek feedback akan menjadi sangat panjang. Hal yang seringkali terlupakan adalah bahwa aspek penerbitan sertifikasi HACCP itu tidak hanya berkaitan dengan sistem dokumentasi belaka namun juga berkaitan dengan pelaksanaan aktual yang dijalankan di lapangan termasuk melihat kondisi dan status bangunan yang ada di lapangan.

Tiga alasan inilah yang dapat menjelaskan mengapa pelatihan HACCP sangat diperlukan dalam perusahaan perikanan. Agar dapat memberikan hasil yang optimal dalam program pelatihan, penyusunan dan implementasi dari HACCP di bidang perikanan, usahakan mencari referensi konsulan yang tepat yang dapat mengakomodasi usaha Anda dengan baik.

(amarylliap@yahoo.com, HP: 0812969926)

Januari 8, 2012 - Posted by | Manual HACCP, Training | , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: