seafoodmanagementconsultant

KONSULTAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN

PENTINGNYA KEMANAN PANGAN BAGI INDUSTRI PERIKANAN


Indonesia adalah negara dengan potensi perikanan terbesar, itu adalah fakta yang tidak bisa dipungkiri. Dengan potensi yang sebegitu besarnya, maka menjadi suatu pertimbangan utama untuk melakukan langkah perencanaan industri perikanan yang tepat. Langkah paling strategis yang perlu menjadi pertimbangan dari pelaku industri adalah perencanaan dari aspek keamanan pangan bagi industri itu sendiri.
Sedikit berbeda dibandingkan dengan industri pangan lain. Salah satu keunikan dari industri perikanan adalah aspek kesulitan untuk mengendalikan sumber dari bahan baku itu sendiri. Dominasi alam yang masih kuat, dan atas pertimbangan tertentu, masih sulit dikendalikan aspek sanitasinya, menjadi suatu masalah penting dalam industri perikanan itu sendiri. Bagaimana meminimalkan resiko dari bahan baku? Pertanyaan menarik dan langkah menarik. Proses dan penyuluhan terpadu telah berkembang mulai dari proses penanganan bahan baku menjadi salah satu pertimbangan utama. Kesalahan penanganan dalam proses pengolahan bahan baku dapat menyebabkan penurunan terhadap kualitas bahan baku dan malah dapat menyebabkan kerusakan terhadap aspek keamanan pangan dalam produk perikanan.
Sebagai salah satu bagian dari kelompok industri makanan, industri perikanan merupakan salah satu dari hal yang termasuk paling kritis dibandingkan produk makanan lainnya, dan tentu saja penanganannya harus melibatkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang tepat. Mengapa demikian? Terdapat resiko-resiko keamanan pangan yang sudah teridentifikasi sejak awal yang sangat sulit untuk dikendalikan dalam proses selanjutnya. Contohnya seperti keracunan logam berat mercury, yang umumnya mencemari perairan laut. Sehingga produk laut yang diambil dari perairan tersebut akan mengandung logam berat yang tinggi, yang apabila dikonsumsi dengan batasan tertentu akan beresiko terhadap manusia yang mengkonsumsi produk tersebut.
Namun di lain pihak, pengembangan dari industri perikanan yang membutuhkan output produksi tinggi. Sebab bagaimana pun juga, produk perikanan di Indonesia memiliki nilai kompetisi yang tinggi. Dalam beberapa hal diperlukan adanya suatu perencanaan terhadap proses yang tepat sehingga jaminan keamanan pangan tetap terjaga. Lalu langkap apa saja yang harus diakukan untuk melakukan proses pemastian keamanan pangan di dalam perusahaan perikanan?
Langkah pertama, mempelajari sumber bahan baku untuk industri itu sendiri. Hal yang paling penting dalam mengembangkan industri perikanan adalah memastikan adanya sustainability dari bahan baku. Akan menjadi masalah besar, apabila dalam menjalankan industri, aspek bahan baku tidak dikendalikan dengan baik. Resiko yang terbesar adalah memunculkan adanya kondisi kelangkaan bahan baku yang dalam aspek buruknya dapat menyebabkan industri tidak berjalan. Selain melakukan proses survey terhadap bahan baku, hal lainnya yang lebih penting adalah memastikan bahwa praktek dalam pengambilan bahan baku dilakukan sesuai dengan standar keamanan pangan. Bagaimana praktek yang sudah dijalankan pada saat ini dalam proses pengambilan bahan baku bisa menjamin bahwa keamanan pangan bahan baku sesuai dengan persyaratan. Begitu juga dengan proses transportasi yang dilakukan dari tempat penangkapan bahan baku menuju area pabrik. Suatu pertimbangan yang penting bagi industri perikanan untuk membuat sistem dan standar persyaratan terpadu dalam bentuk sistem dokumentasi, form maupun pelatihan yang tepat dalam proses pengambilan bahan baku yang dimaksud.
Langkah kedua adalah melakukan proses setting lay out terhadap pabrik. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah jenis material yang ditetapkan untuk penetapan bangunan pabrik yang telah ditetapkan, harus dipastikan jenis material yang digunakan tidak menyebabkan kontaminasi ke produk makanan. Selain jenis material yang digunakan tersebut, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah permasalahan untuk instalasi saluran air, dimana dalam industri makanan harus mempertimbangkan proses instalasi untuk saluran air bersih maupun air minum. Penempatan alir proses juga harus diperhatikan agar tidak menyebabkan kontaminasi silang antara bahan baku, proses produksi, penanganan produk jadi maupun pengemasan terhadap produk itu sendiri. Pertimbangan yang juga harus diperhatikan adalah penetapan cold storage untuk proses penyimpanan produk jadi. Penetapan cold storage juga harus diperhatikan kapasitas terhadap daya listrik, proses pindah dingin serta kuantitas produk yang ditetapkan dalam cold storage tersebut.
Langkah ketiga adalah penyusunan sistem jaminan kemanan pangan di dalam industri itu sendiri. Sistem jaminan keamanan pangan itu meliputi pembuatan setting dokumentasi GMP (Good Manufacturing Practice) dan SSOP (Sanitation Standard Operational Procedure), kedua hal ini adalah dasar dari penyusunan Sistem Manajemen Keamanan Pangan HACCP dan ISO 22000. Sistem yang dibentuk selain dokumentasi prosedur wajib juga disertai dengan catatan dokumentasi yang terkait dengan Sistem Manajemen Keamanan Pangan.
Langkah keempat adalah proses rekruitmen karyawan dan pelatihan terhadap karyawan tersebut. Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor yang penting dalam proses pengembangan sistem manajemen keamanan pangan. Hal yang terutama dalam pengembangan sumber daya manusia adalah konsistensi dan komitmen dalam pelaksanaan Sistem Manajemen Keamanan Pangan.
Keempat kunci yang terkait dengan pengembangan Sistem Manajemen Keamanan Pangan menjadi suatu dasar pengembangan industri perikanan yang tepat sejalan dengan standar kualitas produk dan jaminan keamanan pangan yang terkait dengan regulasi perusahaan yang telah ditetapkan. Apabila terdapat kebutuhan akan pengembangan industri perikanan maka konsultan kami melakukan dapat mendampingi Anda dalam mengembangkan industri yang sesuai dengan Sistem Jaminan Keamanan Pangan.

Januari 4, 2012 - Posted by | ISO 22000

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: